Beranda

Sabtu, 06 April 2013

PROFIL

A. Latar Belakang
Sekolah Dasar/MI SD. Bahrul Ulum didirikan pada tahun 1974 dan terletak di Kelurahan Dukuh Menanggal , kecamatan Gayungan, (15 km dari kota madya Surabaya. Sekolah ini letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan serta dikelilingi oleh pemukiman penduduk, dekat dengan pelayanan kesehatan, dan kantor desa, membuat sekolah ini menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya.
Dalam kurun waktu empat tahun terakhir, ada sejumlah prestasi yang telah dicapai oleh sekolah ini, antara lain: telah meluluskan lulusan sebanyak 240 siswa (100% lulus ujian akhir sekolah), dan hasil ujian akhir sekolah berada pada peringkat ke-4 tingkat gugus (2005), juara I lomba mata pelajaran (2004).
Walaupun sekolah ini telah memiliki sejumlah prestasi yang cukup baik, namun demikian sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, sekolah ini dalam kurun waktu 4 tahun terakhir dihadapkan pada sejumlah tantangan, antara lain belum memadainya (optimalnya) pelaksanaan pembelajaran, Pendidik dan tenaga kependidikan, sumberdaya pendidikan, dan Sarana dan Prasarana.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlulah kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (RKS) agar sekolah ini dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
B. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
Sekolah Dasar sebagai lembaga pendidikan mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional serta pendidikan di daerah masing-masing. Oleh karena itu SD Bahrul Ulum perlu memiliki visi dan misi sekolah. Dengan adanya visi dan misi SD ini dapat dijadikan arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan. Berikut ini dikemukakan visi, misi, dan tujuan pendidikan SD Bahrul Ulum
A. Visi (sesuaikan dengan sekolah sendiri)
“ Unggul dalm prestasi IMTAQ dan IPTEK “.
B. Misi(sesuaikan dengan sekolah sendiri)
1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas
2. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan peserta didik yang unggul dalam bidang akademik, non akademik; moral, kemandirian, dan aktifitas keagamaan.
3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan di sekolah
4. Memberdayakan alumni dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
C. Tujuan Pendidikan (sesuaikan dengan sekolah sendiri)
“Memberikan bekal kemampuan dasar “baca tulis hitung”, pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan di SLTP” (SK Mendikbud No 060/U/1993).
Data Guru



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi koment anda